25 February 2007

PWM SUMBAR Dirikan Sang Surya FM - Laporan: Adrian Muis

Saat ini PWM SUMBAR telah memiliki stasiun radio komunitas. Pada awalnya PWM SUMBAR merencanakan mendirikan radio swasta, tapi terhambat oleh ruwet dan sulitnya proses perizinan. Untuk mendirikan radio swasta, lembaga pendirinya harus berbentuk PT (persero) dan proses pendirian ini memerlukan prosedur yang tidak sederhana serta memakan waktu yang lama. Selain itu, PT yang telah dibentuk harus memiliki modal sebesar 500 juta dan digaransi oleh suatu Bank.

Agar keinginan memiliki radio untuk keperluan menyebarluaskan dakwah amar maruf nahi munkar dapat terlaksana, PWM SUMBAR akhirnya mendirikan LPK (Lembaga Penyiaran Komunitas) terlebih dahulu yang prosesnya relatif sederhana, mudah dan murah. Melalui LPK tersebut, PWM SUMBAR dapat menyelenggarakan siaran radio komunitas dengan daya pancar 50 watt. Usaha untuk mendirikan radio swasta terus berlangsung, sambil menyelenggarakan siaran radio komunitas, dipersiapkan pula peralatan pemancar baru berkekuatan 500 watt.

Radio komunitas PWM Sumbar yang kini telah ON AIR diberi nama RADIO SANG SURYA FM. Antene setinggi 12 meter dipasang dilantai tiga Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang.

Dilaporkan oleh Adrian Muis PWM SUMBAR melalui email.

1 comment:

Anonymous said...

People should read this.