08 May 2009

Sekilas Profil Radio Sang Surya FM 98,3 Kota Padang


Padang, 8 Mei 2009. Laporan Adrian Muis. Radio Sang Surya Kota Padang adalah radio dakwah yang didirikan untuk mencerahkan dan mencerdaskan warga. Radio ini diresmikan pada tanggal 17 November 1007 dan semenjak itu Sang Surya yang terletak di Jalan Bundo Kandung No. 1 Padang ini telah mengisi udara kota Padang dengan program-program siaran Dakwah. Coverage area siaran radio ini menjangkau kota Padang dan sekitarnya, sebagian kabupaten Solok, Padang Pariaman dan bahkan mencapai sebagian wilayah kabupaten Pesisiri Selatan.
Nama perusahaan radio ini adalah PT Radio Sang Surya dengan ID station Sang Surya 98,3 FM. Akte notaris dibuat oleh Wahidah Septiani, SH dengan nomor 15 tanggal 16 April 2007, sedangkan rekomendasi KPID telah diberikan dengan nomor 34/RK/KPID/-SB/IX/2007.
Visi
nya adalah menjadi radio yang unggul dalam mencerahkan dan mencerdaskan warga demi masa depan yang lebih baik dan diridhoi Alloh. Misi yang diemban oleh radio ini (1) memberikan informasi yang berimbang, mencerdasaskan dan mencerahkan masyarakat sehingga terbangun watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa, (2) menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air dan menghargai budaya Minangkabau yang berfilosofi "adat basandi syara', syara' basandi kitabullah", (3) merangsang lahirnya karya inovatif masyarakat dengan menyuarakan agar menghormati hak intetelektual produknya, (4) menjadi media informasi sosialisasi, pendidikan dan hiburan yang menyehatkan masyarakat, pemerintah dan swasta, (5) melayani pendengar dan masyarakat dalam berekspresi, menyampaikan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab, (6) mengembangkan efektivitas radio sebagai media komunikasi periklanan melalui penciptaan hubungan serasi dengan mitra kerja dalam mensosialisasikan produk baik berupa barang maupun jasa, (7) melakukan pembinaan dan memberikan kebebsan berekspresi kepada karyawan dalam meningkatkan kemampuan sesuai dengan standar penyiaran.
Format siaran berlandaskan pada sifat radio dakwah, berita dan hiburan. Sang Surya FM Padang berusaha memberikan informasi yang aktual, berimbang, mencerahkan dan mencerdaskan dalam bentuk berita, musik, ceramah, dialog interakitf, dan iklan menggunakan bahasa Indonesia dan Minangkabau yang santun. Sapaan untuk pendengar adalah Warga Sang Surya dan untuk penyiar Laskar Sang Surya dan direkturnya adalah Drs. H. Adrian Muis.

No comments: