02 August 2007

92,2 MENTARI-FM DAN P3NF MAJELIS DIKDASMEN PDM SURABAYA GELAR TRAINING RADIO BROADCASTING FOR STUDENT

Pusat Penyelenggaraan Pendidikan Non Formal (P3NF) Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya mempunyai kewajiban dalam mendidik remaja dan khususnya para pelajar Muslim agar tidak mengesampingkan pendidikan seni dan budaya, bahkan menjadikan kegiatan itu sebagai kegiatan efektif untuk menumbuh-kembangkan kreatifitas khususnya di kalangan pelajar sebagai generasi muda Islam serta sebagai generasi penerus bangsa yang mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan bermanfaat dengan dilandasi iman dan taqwa kepada Allah SWT. Selain itu juga dalam rangka mencapai tujuan jiwa yang berbudaya dengan selalu menjaga nilai nilai keislaman, maka diselenggarakan suatu wadah pengembangan potensi yang mendidik, menarik, sehat dan penuh nilai nilai kebudayaan Islami, serta berguna bagi kehidupan masa ini dan dimasa yang akan datang.

Pengembangan minat dan bakat para pelajar Muslim dalam bidang seni budaya perlu dikembangkan ke dalam model pembinaan yang lebih menitikberatkan pada upaya peningkatan ketrampilan, kepercayaan diri, life skill (kecakapan hidup) dan pengembangan profesi. Bidang Radio Broadcasting dipilih karena mempunyai prospek yang cerah di masa mendatang sebagai jembatan pengembangan profesi dan wahana penyampaian informasi dan komunikasi. Namun demikian diperlukan penyiapan SDM yang memadai guna mendukung program tersebut. Karena permasalahan utama yang sering dihadapi adalah kurangnya SDM yang handal dalam bidang itu. Berkaitan dengan permasalahan SDM penyiaran radio, sangat dirasakan keterbatasan dan kesenjangan yang demikian besar antara harapan dan kenyataan karena SDM yang ada belum mempunyai pengalaman dan pendidikan di bidang radio broadcast.

Oleh karena itu dalam rangka mengatasi hal tersebut serta untuk mencapai tujuan yang hendak diraih, baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang, maka Pusat Penyelenggaraan Pendidikan Non Formal (P3NF) Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya dan Radio Komunitas 92.2 Mentari-FM Surabaya mengadakan TRAINING RADIO BROADCASTING FOR STUDENT yang diikuti oleh 29 orang siswa / siswi SMP, SMA/SMK Muhammadiyah dan 5 orang dari MAN dan SMA Negeri di Surabaya. Acara tersebut memiliki tujuan yaitu untuk membentuk kader muda khususnya pelajar di bidang penyiaran khususnya Radio Broadcast, meningkatkan minat pelajar Muslim di bidang radio broadcast dan memasyarakatkan Radio Lokal Sekolah khususnya di perguruan Muhammadiyah Surabaya.

Training Dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2007 bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jl. Sutorejo (Labansari) Surabaya, dengan instruktur Djodi Rahardjo (DRAPS Talent & Broadcast School / Presenter JTV) dan para Crew Radio Mentari-FM. Materi yang diberikan meliputi (1) Mengenal Radio Broadcast. (2) Teknik Bertutur dan Bersiaran di Radio. (3) Membuat Acara Radio. (4) Kiat Mendirikan Radio Sekolah dan (5) Audisi untuk mengetahui potensi dan kemampuan dasar para peserta.


Surabaya, 31 Juli 2007

ADITIO YUDONO

Programmer Mentari-FM 92.2 Mhz Surabaya

1 comment:

Anonymous said...

Assalamualaikum Wr. Wb.
alhamdulillah kegaitan yang asik banget ... selamat dan sukses buat 92,2 MENTARI-FM DAN P3NF MAJELIS DIKDASMEN PDM SURABAYA .... salam hangat dari kami

Iwan Setiawan
studyZONE BROADCASTING
www.studyzone.web.id